Mari Pelajari Search Engine Optimization

Mempunyai web yang senantiasa mendapat pengunjung adalah impian semua orang. Saya berani jamin, kamu juga mengharap hal itu.

Passive traffic adalah traffic yang selalu datang tak peduli waktu, termasuk ketika kamu sedang bermesraan (dengan pasangan yang sah) atau piknik ke luar kota.

Search Engine Optimization alias SEO adalah satu-satunya metode (yang saya ketahui) untuk mendapatkan passive traffic.

Itu alasan mengapa SEO merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk kamu pelajari. Dan akan menjadi lebih prioritas ketika kamu berada pada salah satu dari poin-poin berikut ini:

  1. Mempunyai website bisnis
  2. Mau memaksimalkan pemasaran online
  3. Pemilik jasa atau servis yang mau selalu memperoleh order
  4. Mempunyai toko online
  5. Mau meningkatkan personal brand
  6. Menjual produk digital
  7. dll

Seandainya (dengan terpaksa) kamu belum ada keluangan waktu untuk mengeksekusi teknik SEO, paling tidak kamu wajib menguasai cara kerja SEO. Yang nanti kamu bisa memakai Jasa Backlink, tapi dalam posisi kamu sudah memahami apa-apa yang harus dilakukan mengenai SEO, supaya kamu dapat mengevaluasi atau memberikan arahan pada si pemilik jasa SEO.

Mengapa Mempelajari SEO Menjadi Amat Penting?

Jika sebuah produk itu memiliki kualitas, maka seorang customer juga memiliki kualitas. Ada calon pelanggan yang melakukan PHP, ada pembeli yang langsung minta nomor rekening serta melakukan transfer di hari yang sama.

Apa yang jadi sebab hal itu terjadi? Jawabannya adalah dari mana calon pelanggan mendapatkan info HP kamu.

Mesin pencari dapat memberi pengunjung yang benar-benar berkualitas, dikarenakan jauh sebelum pembeli melihat produk yang kamu jual, mereka sudah memiliki 70% keinginan untuk melakukan pembelian. Mereka sudah siap uang, mereka sudah memiliki beberapa informasi terkait barang yang mau dibeli.

Hati dan kepala customer sudah di tahap customer merasa mempunyai produk. Saat customer melihat situs penjualan yang menarik, pembeli akan melakukan pembelian sambil tutup mata (artinya tanpa pikir lama).

Ternyata SEO Itu Mudah

Jika kamu mendapati berbagai macam istilah “menyeramkan” di forum-forum atau komunitas, dan kamu merasa suntuk-frustasi sama istilah-istilah itu, maka kamu berada di tempat yang tepat sekarang.

Di sini saya akan mengajarkan hal-hal yang mudah untuk dimengerti, karena sesungguhnya SEO itu tak membutuhkan banyak logic, tak banyak macam to do list yang mesti kamu lakukan. SEO hanya meminta ketekunan dari kamu.

Logic-nya tidak banyak namun ia merupakan sesuatu yang terus-menerus (berulang). Yang ditantang adalah, sudikah kamu rajin dan tekun dengan sesuatu yang berulang itu? Karena kebanyakan orang yang cukup puas dengan comfort zone, seringkali tidak betah dengan sesuatu yang berulang.

Saya telah menulis 5 modul yang cukup panjang mengenai belajar SEO dari nol yang bisa kamu baca, pelajari, dan kamu uji secara mandiri.

Ada sangat banyak langkah di SEO yang kalau dilakukan justru bikin web kamu memburuk untuk masa depan. Semacam merekayasa backlink secara masal, membuat halaman website (page) secara masal (memakai mesin, serba otomatis, dll), dan hal-hal lainnya yang justru saat ini dipraktekkan oleh banyak pembelajar baru.

Bisa jadi yang ada dalam benak para newbie (dan barangkali salah satunya adalah kamu), SEO merupakan sesuatu yang susah, perlu skill programming, perlu skill spesial, dan hanya bisa dilakukan sama orang-orang spesial.

Asal kamu ketahui, pendapat itu tidak seutuhnya tepat.

Di artikel ini saya tak ingin membahas teknik yang malah memiliki kemungkinan merugikan kamu, seperti hal-hal yang baru saja saya sebutkan sebelumnya.

Luangkan waktu kamu demi membaca pembahasan berikut ini dengan utuh. Mantapkan tekad bahwa sesuatu yang kamu lakukan ini sebagai investasi jangka panjang.

Alokasikan waktu setidaknya satu jam untuk mengikuti setiap bab pembelajaran. Dengan izin Allah dalam waktu satu hari bisa tuntas kamu baca. Dan upayakan untuk mempelajari lagi di waktu lain (mengulang-ulang bacaan) agar apa yang kamu pahami terhadap SEO semakin kuat mengakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *